Sejarah Singkat Minuman Boba, Hingga Perkembangannya Di Indonesia

Achmad Akira Syahputra
Written by Achmad Akira Syahputra on

Sejarah Singkat Minuman Boba, Hingga Perkembangannya Di Indonesia

Boba adalah teh susu yang dicampur dengan topping. Boba terbuat dari tepung tapioka dan berbentuk seperti bola kelereng dengan tekstur kenyal. Boba pertama kali muncul di Taiwan sebagai topping untuk teh susu.

Sejarah Pertama Kali Boba

Boba pertama kali dibuat pada tahun 1980-an di sebuah kedai teh di daerah Taicung, Taiwan. Nama kedai tersebut adalah Chun Sung Tang Teahouse.

Produk milk tea Liu Han Chieh awalnya tidak terdapat Boba. Namun lama kelamaan, Boba muncul sebagai topping milk tea pada tahun 1987.

Saat itu, Liu Han Chieh mengelar kompetisi dengan para stafnya untuk menciptakan sesuatu yang kreatif. Mengingat manajer toko menyukai fen yuan atau bola tapioca, fen yuan pun ditambahkan sebagai topping di milk tea kedai tersebut.

Nama fen yuan kemudian diubah menjadi “black pear” atau mutiara hitam yang berbentuk bola.

Perkembangan Boba di Indonesia

Minuman ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2000-an oleh Hop Hop yang bisa dikatakan sebagai pelopor minuman boba di Indonesia. Karena tren minuman boba yang semakin berkembang di Indonesia, maka dibukalah gerai Quickly di Plaza Indonesia. Quickly adalah salah satu pelopor minuman boba di Taiwan.

Minuman boba berkembang pesat di Indonesia saat ini. Banyak inovasi rasa dan jenis boba yang dapat kita temukan di gerai boba di Indonesia. Minuman ini juga mudah ditemukan di mana saja, mulai dari pusat perbelanjaan hingga dipinggir jalan dan dari harga yang mahal hingga yang murah sekalipun.

Minuman Boba telah menjadi favorit di kalangan anak muda di Indonesia saat ini. Minuman ini cocok dengan cuaca di Indonesia yang panas karena biasanya dicampur dengan es.

Achmad Akira Syahputra

Achmad Akira Syahputra

Pelajar yang ingin terus belajar.

Comments

comments powered by Disqus