INFP, Introvert Yang Idealis

Achmad Akira Syahputra
Written by Achmad Akira Syahputra on

INFP, Introvert Yang Idealis

INFP adalah singkatan dari Introvert, Intuition, Feeling, dan Perceiving. Introvert dari karakter INFP ini berarti tenang dan menyendiri. Intuition berarti melihat sesuatu dari perspektif yang lebih besar daripada detail apa pun. Feeling menunjukkan bahwa kepribadian INFP memprioritaskan perasaannya di atas hal-hal yang diterimanya. Dan yang terakhir ialah Perceiving, berarti bahwa orang-orang dengan kepribadian INFP lebih suka memilih untuk menunda pilihan mereka untuk melihat apakah mereka dapat menemukan hal-hal baru.

Baca juga: INFJ, Si Kepribadian Paling Langka

Beberapa Tipe Kepribadian yang Dimiliki oleh Seorang INFP diantaranya:

1. Membuat Dunia Menjadi Tempat Yang Lebih Baik

INFP adalah seorang idealis dan perfeksionis. Biasanya orang dengan kepribadian ini memiliki tujuan penting dalam hidup yaitu menemukan makna dalam hidup. Mereka juga terus mencari kebenaran dan makna dari hal-hal yang tersembunyi.

2. Pendengar Yang Handal

Orang INFP ini bisa menjadi seseorang yang peduli pada orang lain meskipun mereka tidak selalu responsif. Mereka berteman baik dan bergaul baik dengan orang-orang yang mereka kenal baik.

3. Tidak Menyukai Konflik

Jika sedang dalam masalah, INFP selalu mencari celah permasalahan dengan persasaan terlebih dahulu. Namun orang dengan kepribadian INFP dapat memahami perasaan orang lain dan dapat memahami serta membantu masalah orang lain.

4. Penulis Yang Berkesan

Tipe kepribadian INFP umumnya adalah penulis yang berkesan. Mereka biasanya tidak nyaman untuk mengungkapkan sesuatu secara lisan dan lebih memilih untuk mengungkapkannya secara tertulis. Orang tipe INFP biasanya menekuni profesi seperti mengajar dan konseling.

5. Sosok Idealis Sejati

Orang dengan sikap INFP adalah idealis sejati. Ia selalu mencari yang kebaikan dalam diri seseorang meskipun orang tersebut memiliki hal buruk sekalipun. INFP ini dikenal sebagai orang yang pendiam namun memiliki api emosional yang menyinari dirinya.

6. Seringkali Terbawa Dalam Ilusinya

Orang dengan kepribadian INFP dapat kehilangan diri mereka sendiri dalam kehidupan sehari-hari jika mereka tidak berhati-hati. Sifat kepribadian ini sering terbawa kedalam arus ilusi. Jika sudah terbawa arus ilusi, akan membutuhkan banyak energi untuk membawanya kembali ke dunia nyata. Kerennya, siapa pun dengan kepribadian ini akan selalu kembali dengan pandangan dunia, kebaikan hati, dan keistimewaan dimanapunia berada.

Itulah penjelasan mengenai INFP dan beberapa tipe yang dimilikinya. Semoga apa yang dijelaskan bermanfaat dan bagi yang belum mengetahui kepribadian MBTI nya, bisa langsung saja cek di 16personalities.com

Referensi: https://dosenpsikologi.com/tipe-kepribadian-infp

Achmad Akira Syahputra

Achmad Akira Syahputra

Pelajar yang ingin terus belajar.

Comments

comments powered by Disqus